Kamis, 13 Mei 2010

Nasionalisme Papua: Masalah dalam Sorotan



Ada empat cerita yang menjadi pemicu bagi penulis menghabiskan waktu, tenaga dan dana menulis buku ini, yang paling tidak juga mengusik sidang pembaca sekalian dalam mewacanakan nasionalisme yang sedang berkembang di Tanah Papua. Keempat cerita ini tampil di hadapan penulis sebagai masalah yang membayangi atau mengganggu dalam mewacanakan, memahami dan melihat dengan jelas wajah nasionalisme Papua.

Empat Cerita Pemicu

Cerita pertama berasal dari penulisan buku Edisi VIII (Seri VIIIa – VIIId) yang mengulas Demokrasi Kesukuan[] sebagai sebuah gagasan untuk sistem kepemerintahan Masyarakat Adat, terutama Masyarakat Adat di Papua Barat. Pada suatu hari saya tiba pada kesimpulan ketika menulis buku Edisi VIIIb yang mengungkap demokrasi dalam kacamata Masyarakat Adat. Kelihatannya perlu ada tulisan terpisah yang memetakan kembali ‘isme-isme’ politik mulai dari liberalisme sampai anarkisme dalam kacamata Masyarakat Adat karena ‘isme-isme’ adalah fenomena masyarakat modern yang belum dijangkau oleh konteks pemikiran, pemahaman dan realitas kehidupan Masyarakat Adat di Papua Barat. Saya putuskan untuk menulis buku Seri IX berisi hampir semua ‘isme-isme’ politik modern.[]

Di tengah jalan penulisan buku Seri/ Edisi IX ini saya dihentikan lagi, tepat pada saat saya tiba pada Bab tentang ‘nasionalisme’ sebagai salah satu dari ideologi politik modern. Saya berusaha memetakan nasionalisme dalam konteks ‘isme-isme’ lainnya, tetapi mengalami kesulitan karena dua alasan: yang pertama nasionalisme tidak menolak ataupun mendukung semua ‘isme’ politik yang ada selama ini. Pada saat yang sama, ia tidak sama dengan ideologi politik lain yang memfokuskan diri kepada beberapa isu (aspek) kehidupan. Saya dapati bahwa ternyata nasionalisme mencakup hampir segenap aspek kehidupan manusia.

Saya lanjutkan pelacakan mengapa begitu? Dan ternyata nasionalisme itu sangat universal, karena ia menjiwai dan dijiwai oleh segenap bangsa di dunia, serta mencakup berbagai aspek kehidupan. Tetapi pada saat yang sama pula ia sangat partikuler, karena masing-masing bangsa memiliki kekhasan konsepsi dan struktur dari nasionalisme mereka yang sangat unik dan beragam, walaupun ekspresi dan tujuan serta apa yang mereka tentang dan cita-citakan hampir sama.

Meingingat bangsa Papua sendiri sangat berkepentingan dengan nasionalisme, maka saya hentikan penulisan Buku Seri IX dan memulai penulisan buku ini sebagai Seri X dengan judul: Sukuisme: Nasionalisme Masyarakat Adat Papua, yaitu ulasan teoritis nasionalisme Papua sebagaimana adanya.
***

Cerita kedua dari pengalaman suatu hari saya menghadiri sebuah rapat internal, diundang mewakili Demmak (Dewan Musyawarah Masyarakat Koteka). Pada pertemuan itu digariskan beberapa kebijakan sebagai tuntunan bagi perjuangan aspirasi bangsa Papua. Yang menarik bagi saya dalam diskusi itu adalah penegasan salah-satu peserta rapat itu, “Nasionalisme yang sedang kita perjuangkan hanya menyangkut bangsa Papua, jadi tidak ada nasionalisme Koteka atau sukuisme di sini!”

Saya ajukan pertanyaan kepadanya, “Coba jelaskan apa wajah nasionalisme Papua tanpa Koteka?” Ia lalu tegaskan,

Pokoknya saya mau kita semua bersatu dalam satu payung, satu organisasi, di bawah satu pemimpin, dalam satu garis kebijakan. Jangan bermimpi menciptakan identitas macam-macam! Itu merusak nasionalisme.

Saya membalasnya:
Maaf, setahu saya justru Anda yang sedang bermimpi siang bolong, karena yang ada sekarang dan yang sudah ada sejak moyang orang Papua serta yang akan ada selamanya di Papua Barat adalah identitas Koteka dan identitas asli dan adat lainnya yang melekat dengan jatidiri orang Papua. Anda tak bisa bermimpi siang-bolong untuk menghapuskan identitas asli yang ada pada saat ini atas nama siapapun atau apapun, sekaligus mengatas-namakan nasionalisme Papua. Karena dengan demikian, Anda menjadi bagian dari musuh bangsa Papua yang sedang ditentang. Identitas adalah alasan inti perjuangan kita, yang kita bela dan hendak lestarikan, bukan sebaliknya. Kalau perjuangan ini hendak menghapuskan identitas orang Papua, termasuk identitas Koteka, maka kita jangan menyebutnya nasionalis Papua!

Teman tadi terus bersikukuh bahwa pada prinsipnya nasionalisme Papua haruslah menunjukkan keseragaman, ia tak percaya nasionalisme Papua pernah ada sebelum ada keseragaman. Rapat dimaksud berakhir tanpa hasil apa-apa lantaran perbedaan pendapat yang begitu tajam. Tetapi ia telah membantu memberikan bahan penting dalam perjuangan aspirasi bangsa Papua.
***

Cerita ketiga berasal dari wacana nasionalisme yang berkembang di tanah air: yaitu dua kubu yang memperjuangkan dua versi nasionalisme
(1) nasionalisme Papindo; dan
(2) nasionalisme Papua Merdeka

untuk satu entitas identitas bangsa yang bernama ‘Papua’. Kelihatannya kedua tujuan ini bertolak-belakang. Tetapi berdasarkan teori normativ sebenarnya keduanya sama karena mereka membela entitas identitas Papua agar diakui, dihargai dan dilindungi sehingga tidak punah dari muka bumi serta agar entitas identitas dimaksud dimajukan atau dikembangkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Yang berbeda hanyalah bentuk dan atau format yang dipilih dan dianggap dapat diterima dan diupayakan untuk mencapai tujuan melindungi dan memajukan entitas identitas Papua dari kepunahan: yang satu memilih jalan pragmatis dan moderat (Otsus di dalam NKRI), yang lainnya memilih jalan idealis dan radikal (Papua Merdeka).
***

Cerita pemicu keempat diciptakan oleh fenomena pemekaran wilayah provinsi. Di tengah berbagai persoalan di atas, kita diperhadapkan lagi dengan pemekaran provinsi Papua menjadi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Dalam konteks perkembangan politik NKRI, kita diperhadapkan dengan pertanyaan:
· Apakah nasionalisme Papua itu berlaku berdasarkan sebuah entitas wilayah administrasi NKRI, ataukah didasarkan entitas identitas ‘bangsa’?
· Nasionalisme Papua artinya nasionalisme dari orang Papua yang ada di Provinsi Papua ataukah nasionalisme bagi suku-suku yang ada di Pulau New Guinea bagian Barat, yang kini berada dalam Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat?
Pemekaran provinsi jelas menciptakan wacana nasionalisme Papua mengalami kebingungan, karena kita terpengaruh oleh nama wilayah administrasi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Empat Pertanyaan yang Mengusik

Empat cerita ini sangat menggangu benak saya. Saya sangat tertarik melacak nasionalisme dalam konteks nasionalisme yang berkembang di Tanah Papua, tetapi tertantang oleh keempat cerita di atas yang merupakan fenomena yang berkembang belakangan di Papua Barat belakangan ini. Saya lalu membatalkan dua seri buku sebelumnya dan memutuskan menulis buku ini.

Dalam melacak wajah nasionalisme Papua itu, didapati paling tidak ada empat pertanyaan pokok terkait dengan empat cerita di atas yang mengusik hati saya saat memikirkan untuk menulis buku ini:

§ Apa artinya nasionalisme Papua? Apakah itu berarti keseragaman atau kesamaan secara etnik, budaya, agama, dan secara organisasi (pimpinan, struktur organisasi dan program), ataukah kesamaan alasan dan tujuan perjuangan?;
§ Apa arti “nasional” dalam “-isme” ini sehingga walaupun saya memandangnya kesamaan secara ideologis, ada juga yang melihatnya secara fisik dan organisatoris?;
§ Apakah nasionalisme Papua hanya mencakup ‘bangsa Papua’ ataukah ia mencakup orang dari bangsa lain yang ada di Tanah Papua yang mendukung nasionalisme Papua juga?;
§ Kalau buku ini menyebut ‘nasionalisme’ Papua berarti apakah ia hanya mencakup nasionalisme dari orang Papua yang ada di Provinsi Papua, ataukah juga mencakup orang Papua yang ada di Provinsi Papua Barat?
_________________________________
Penulis: Sem Karoba
Sumber: http://westpapua.net/2010/03/954/

0 comments:

Posting Komentar

 

My Blog List:

Lani Ndawe:


|-Nelson Pagawak-| © 2010 Yikwanak is Designed by Koteka JR Supported by Tadpole's