Selasa, 15 Maret 2011

Logo Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah



KETERANGAN GAMBAR:
Bingkai berwarna biru bersegi lima dengan tulisan berwarna putih nama Kabupaten MAMBERAMO TENGAH dibagian atasnya melambangkan KEMAHAKUASAAN ALLAH, dan pada bagian tengah (background) berwarna biru langit, mengandung arti: KASIH dan Kemurahan Tuhan yang maha SUCI pada umat-NYA atas Doanya selama ini maka Kabupaten ini lahir pertama kali dengan 5 (lima) Distrik Sehingga dalam menjalankan roda Pemerintahan dan melaksanakan pembangunanpun diharapkan agar KASIH dan rasa TAKUT pada TUHAN senantiasa ada pada setiap pelaku pemerintahan



Padi berjumlah 17 (tujuh belas) dan Kapas berjumlah 8 (delapan) mengandung arti: Tanggal dan bulan Proklamasi Kemerdekaan RI. Diatasnya ada satu bintang dan bagian bawah pada batang padi dan kapas dililit oleh sebuah pita merah putih, mempunyai arti: Dalam persatuan, Ketersediaan pangan dan kekayaan alam seutuhnya diperuntukan bagi kemakmuran rakyat, sebagaimana yang tersirat dalam 5 (lima) sila dari Pancasila dan UUD 1945 sebagai Lambang dan Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Honai merupakan rumah adat masyarakat Pegunungan Tengah Papua, Dalam gambar tampak rumah/honai tersebut baru dibangun dan dilatarbelakangi bentangan gunung datar yang diselimuti dengan awan putih dan langit biru. Mengandung arti: Kabupaten Memberamo Tengah diharapkan selalu mempertahankan jati dirinya bagaikan sebuah rumah yang baru dibangun dari masa kemasa, sehingga setiap manusia yang ada didalamnya merasakan rasa aman, nyaman, damai dan sejahtera.

Ditengah hutan yang hijau tampak aliran sungai Mamberamo, Buah Merah dan Buaya. Beberapa sumber daya alam yang terkandung di perut bumi selain tiga yang disebutkan diatas diperkirakan ada potensi emas, nikel, tembaga dan terdapat berbagai jenis ikan dan species lainnya. Sungai Mamberamo juga memiliki potensi Sumber Tenaga Listrik yang besar bagi Papua. Semua kekayaan alam tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan menjanjikan rakyat untuk hidup lebih sejahtera dimasa yang akan datang karena sumber daya tersebut memiliki nilai jual yang tinggi di pasar nasional maupun internasional yang pada akhirnya akan meningkatkan PAD demi kemajuan daerah khususnya Kabupaten Mamberamo Tengah.

Banner berwarna biru dengan tulisan putih yang bertuliskan: NABUWA KABUWA YABU ERUWOK atau diartikan dalam bahasa Indonesia: MEMBANGUN DALAM KASIH adalah Moto Kabupaten Mamberamo Tengah. Mengandung arti: Semua kebijakan pembangunan di Kabupaten Mamberamo Tengah dilakukan dengan penuh rasa KASIH yang benar-benar lahir dari ke-SUCI-an dan ke-TULUS-an hati setiap umat manusia.


Arti dan Makna Warna Lambang Daerah adalah:
* Merah mengandung makna semangat dan keberanian yang arif dan bijaksana.
* Putih mengandung makna suci, bersih dan keihklasan serta ketulusan.
* Kuning Emas mengandung makna keagungan dan kemuliaan.
* Hitam mengandung makna kecerdasan dan ketangkasan dalam mengeluarkan pikiran, ide, atau gagasan.
* Hijau Muda mengandung makna kesuburan, kemakmuran, kesejukan, dan kedamaian.
* Biru mengandung makna Kasih, kecerahan, harapan, cita-cita yang cemerlang, dan visi kedepan yang jelas।
___________________________________
Sumber: http://mamberamotengah.info

0 comments:

Posting Komentar

 

My Blog List:

Lani Ndawe:


|-Nelson Pagawak-| © 2010 Yikwanak is Designed by Koteka JR Supported by Tadpole's